Blog & Media Mainstream Bisa Saling Sinergi

Blog & Media Mainstream Bisa Saling Sinergi

Ilustrasi (Corbis)

SANUR - Sebagai media baru, blog diharapkan dapat konvergen dengan media mainstream seperti koran, radio, dan televisi. Tokoh blogger nasional, Enda Nasution, menjelaskan bahwa blog sebagai bagian media sosial memegang posisi untuk mewakili suara-suara personal.

Dia memberikan contoh kekuatan blog untuk mewakili kepentingan publik pada kasus tuntutan penyelamatan Situ Babakan di Bandung, Jawa Barat. Komunitas pecinta situ di jantung kota Bandung itu berusaha melawan usaha pemerintah yang akan mengganti situ dengan mal.

"Mereka kemudian membuat blog yang disebarluaskan melalui mailing list, Facebook, petisi online, dan social media lain agar situ tersebut tetap dipertahankan, yang oleh media mainstream kemudian ditangkap sebagai sebuah isu. Jadi blog dan media mainstream justru bersinergi dalam masalah ini," ujar Enda.

Hal itu disampaikan dia dalam seminar nasional yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Sanur Beach Paradise Hotel, Bali, Kamis (27/11/2008) bertema New Media: Akhir Media Konvensional?

Sebagai new media, tambahnya, pertumbuhan blogger di Indonesia cukup pesat. "Dari tahun lalu ada 300 ribu blog, kini bisa dua kali lipatnya. Saya yakin, blog menjadi kekuatan besar dan bisa berkembang menjadi satu juta blog," paparnya. (Dewi Umaryati/Sindo/jri)


sumber : okezone.com, Kamis, 27 November 2008 - 17:50 wib


0 komentar:

Posting Komentar